Tempat yang Nyaman untuk Membaca Buku

sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B9pEN0uJPh3/?utm_source=ig_web_copy_link

Membaca sebuah buku memang bisa dilakukan di mana saja. Tetapi, perasaan dan pikiran yang jernih dibutuhkan dalam membaca buku agar kita bisa memahami isi bukunya. Masing-masing orang memiliki kebiasaan tertentu ketika mereka membaca, namun saya memiliki beberapa tempat yang saya rekomendasikan untuk kamu coba ketika membaca.

Pantai
Kamu bosan membaca buku di bilik kamar atau perpustakaan saja? Saya punya saran untuk mencoba membaca buku di pantai. Ketika kita membaca buku di pantai, kita bisa merasakan sepoi-sepoi angin pantai yang berhembus, hangatnya sinar matahari serta suara deburan ombak. Tentu ini akan menjadi pengalaman membaca yang menenangkan dan membuat otak lebih rileks.

Kafe yang Nyaman
Teh, Kopi, Latte, dan berbagai kudapan ringan akan menjadi kawan membaca yang nikmat.  Hal itu tentu bisa kamu dapatkan saat menyambangi kafe. Sekarang banyak muncul kafe dengan berbagai daya tarik. Jadi, kamu bisa memilih mana kafe yang sesuai denganmu sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai tempat membaca yang nyaman. Saran saya sih, carilah kafe yang sepi dan tenang agar bisa menyelami kata-kata yang ada di bukumu.

Transportasi Umum
Jika ditanya transportasi umum yang nyaman digunakan untuk membaca, saya akan menjawab  kereta dan pesawat. Mengapa? Karena menurut saya, kedua transportasi itu tak memberikan banyak goncangan sehingga kita bisa fokus saat membaca buku. Ketika mata terasa lelah, lihatlah pemandangan yang ada di jendela kendaraan. Hal itu akan membuat matamu rileks sejenak. Membaca di kendaraan umum juga membuat waktu perjalanan panjang jadi terasa singkat.

Perpustakaan
Tentu saja perpustakaan itu tempat yang tepat untuk membaca, lagipula perpustakaan memang digunakan sebagai sarana untuk meminjam dan membaca buku. Tetapi suasana perpustakaan yang tenang, bau buku-buku tua, dan suasana di mana banyak orang yang belajar tentu akan menjadi tempat yang kondusif bagi beberapa orang untuk membaca buku dengan serius dan intens.

Toko Buku
Saat mengelilingi rak-rak buku, tiba-tiba kamu kepincut sama sebuah buku dan penasaran dengan isinya. Tapi, bukunya masih tersegel. Aduh, rasa gemas pun muncul, kamu pun tengok kanan-kiri dan diam-diam membuka segel lalu membaca isinya. Nah, saat seperti itulah kamu akan keseruan membaca di toko buku. Bahkan, kamu bisa sampai lupa waktu, lho!
Di beberapa toko buku terkadang memiliki kebijakan larangan membaca dan duduk yang ketat. Meski begitu, ada juga toko buku yang tak begitu mempedulikan kebijakan itu. Membaca di toko buku itu memang menyenangkan. Sama seperti di toko baju, kadang-kadang kamu perlu mencicipi buku sebelum kamu tahu apakah kamu akan membawanya pulang atau tidak. Dan cara terbaik untuk melakukannya dengan nyaman adalah membacanya di toko buku.

Tempat Tidur 
Kamu bisa mendapatkan sensasi yang tak kalah menyenangkan ketika kamu membaca sambil tiduran di tempat tidur. Tempat tidur memang tempat ternyaman untuk membaca sambil rebahan. Tapi, ada yang perlu diingat, ya. Pastikan matamu mendapat penerangan cahaya yang pas untuk membaca, agar matamu tidak mudah lelah dan nanti malah bisa membuat matamu jadi minus.

Taman
Taman dengan pepohonan rindang dan rumput hijau yang segar akan menjadi tempat membaca yang menyenangkan buat kamu yang ingin membaca dengan rileks. Biasanya di sebuah taman ada banyak bangku yang bisa kamu gunakan untuk membaca buku. Saat bosan bosan menyergap, kamu bisa menghibur diri dengan memandangi pemandangan sekitar sambil mendengarkan musik yang menenangkan. 

Mungkin, itu beberapa spot membaca yang bisa saya sarankan. Boleh dicoba dan boleh juga tidak. Soalnya menurut saya, membaca buku itu bisa di mana saja dan tergantung mood yang kalian miliki. Saya yakin, tanpa disarankan tempat yang enak buat baca buku, kalian sudah punya tempat yang pw (posisi wenak) buat baca buku, iya kan? Temen-temen boleh berbagi cerita tempat favorit kalian pas baca buku di kolom komentar :) Salam literasi !

Komentar

  1. Saya punya tempat membaca yg bagi saya paling nyaman, tapi mungkin dianggap nyeleneh bagi orang: teras masjid. Ga tau kenapa adem bener, apalagi sambil selonjoran. Biasanya nyari yg deket colokan, soalnya baca ebook.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer