Ketindihan

Pernah mengalami ketindihan?
Seumur hidupku, aku hanya dua kali mengalaminya. Waktu aku kelas 1 SMA dan baru saja kemarin. Kalau yang waktu kelas 1 SMA, aku benar-benar nggak bisa gerak, susah ngomong, dan mleihat kuntilanak. Ngeri banget deh. Padahal, waktu itu aku dah nyebut nama Allah berulangkali tapi nggak bisa gerak. Aku takut banget, tapi untungnya beberapa saat kemudian aku bisa gerak dan kebangun. Bangun-bangun kakiku keram juga. Duh, nggak nyangka aku bakal ngalamin fenomena ini.
Lalu, di kejadian kemarin malam beda lagi. Aku inget banget kalo sebelum tidur aku sudah merapal doa. Tapi, entah kenapa malam itu aku ketindihan untuk yang kedua kalinya. Kalo yang pas ini, aku nggak bisa gerak, ngomong, bahkan parahnya sulit bernapas. Bayangkan, mukaku ditutupi rambut sampe aku gak bisa napas. Ngeri banget ini sumpah. Aku pun nyebut istigfar dan takbir berulangkali dalam hati, berdoa agar ini segera berakhir. Dan akhirnya berhasil. Aku berhasil mengucap takbir dan badanku kembali gerak. Aku pun terbangun dari tidurku. 
Adikku yang main HP menatapku heran. “kenapa mbak?”
“Habis ketindihan aku.”
Jantungku masih deg-degan, tapi tak lama kemudian aku melanjutkan tidurku. 
Aku pernah baca suatu artikel kalau ketindihan itu sebuah fenomena yang bisa dijelaskan oleh medis dan bukan perkara hal mistis. Sebutan fenomena ketindihan ini  sleep paralysisMemang efek dari ketindihan ini membuat kita merasa sulit bernapas, berbicara, dan bergerak bahkan kita bisa mengalami halusinasi hal-hal yang menakutkan. Fenomena ini terjadi karena kita punya beban pikiran tertentu dan bisa juga karena stres. Kalo orang-orang yang percaya hal mistis bakal menganggap kalo kejadian ketindihan itu tandanya kamu sedang ditindihi setan, ih ngeri banget lah ya. Aku nggak mau mikir kayak gitu. Kupikir, kemarin aku kelelahan mengerjakan tugas mungkin. Tapi, jujur saja, aku nggak capek-capek banget lho kemarin. Pernah sih, aku capek bangeeeet tapi nggak sampe ketindihan, aku heran, kok bisa gitu kemarin aku kecapekan dan nyampe ketindihan?

Komentar

Postingan Populer