Ito Junji Best of Best, Ito Junji: Sajikan Visual yang Menyeramkan dan Mendebarkan

 


Sudah sejak lama saya menyukai hal-hal yang berbau horor, entah itu film ataupun komik. Tapi, akhir-akhir ini saya lebih sering menggandrungi komik horor di Webtoon. Namun, entah kesambet apa, tiba-tiba saya teringat sebuah nama seorang mangaka horor yang cukup terkenal di Jepang, Junji Ito namanya. Beliau telah membuat banyak manga horor dengan kualitas visual yang menyeramkan dan sadis. Setelah teringat nama itu, saya langsung mencari tahu komik-komik buatannya untuk saya baca.

Setelah membaca beberapa judul komik karya Ito Junji saya langsung jatuh cinta dengan karyanya! Saya jatuh cinta pada cara beliau menggambar makhluk-makhluk gaib karangannya dengan sangat detail sehingga sensasi menyeramkan sekali ngerinya pun terasa. Meskipun saya sendiri tak merasa ngeri sedikit pun. Tapi saya menyukai alur cerita seramnya. Benar-benar menghibur saya di hari-hari yang membosankan ini. 

Kesukaan saya terhadap karya Junji Ito bermula ketika saya melihat seorang mutual saya di twitter yang sering mengunggah karya horor. Ia berkata di tweet-nya kalau gambar-gambarnya terinspirasi dari mangaka favoritnya, Ito Junji. 

Dari gambar kawan mutual saya itulah, saya jadi mengenal sosok Junji Ito. Meskipun, pada saat itu tak begitu penasaran dengan Junji Ito. Padahal, saya ini termasuk penggemar komik horor. Yah, selera saya ini memang cenderung berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi. Berbicara mengenai komik horor, saya sendiri mempunyai beberapa koleksi komik horor di rak buku saya yang sudah saya simpan sejak zaman SMA, meskipun beberapa koleksi saya ada yang hilang saat saya SMA karena dipinjam kawan.

Setelah membaca karya-karya Junji Ito secara daring, entah kenapa saya merasa kurang puas. Kurang puas dalam artian saya ingin membaca komik fisiknya. Nah, dari situ saya pun iseng-iseng mencari komik fisiknya di market place. Ternyata, PT Gramedia M & C menerbitkan komik Ito Junji Best of Best di tahun 2021. Tanpa pikir panjang, saya pun langsung membeli komik keluaran 2021 itu.

Dua hari kemudian, bookmail yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang. Begitu sampai, saya langusng membuka paket dan segera menulis ulasan di marketplace online tempat saya membeli komik tersebut. Setelah paket terbuka sempurna, saya langsung membuka isi komik itu. Sebenarnya, saat melihat kover komik Ito Junji Best of Best di internet, saya kurang tertarik karena menurut saya kovernya kurang seram. Kover tersebut digambarkan dengan tokoh seorang perempuan berambut pirang yang menggunakan kalung bulan sabit. Tokoh perempuan tersebut muncul di cerita dalam komik ini dengan judul Venus in The Blind Spot. 

Saat membuka halaman awal, saya cukup terkejut karena di bagian dalam komik terdapat beberapa bagian awal yang berwarna. Tetapi, jujur saja, saya lebih suka komik horor yang pewarnaannya hitam-putih karena kesan horornya lebih dapet.

cuplikan gambar halaman pertama komik Junjo Ito Best of Best


Dari semua cerita yang saya baca, cerita yang paling berkesan bagi saya adalah cerita yang berjudul Army of One. Mengapa saya menyukainya? Tentu saja karena ceritanya yang cukup menyeramkan dan sadis. Selain itu, cerita ini memiliki akhir kisah yang terduga.



Yuk fokus ke pasangan yang dibunuh lalu dijahit. Serem ngga?

Ini fullnya xixixi, serem-sadis-sedep, kan??

Selain Army of One, saya juga suka cerita yang judulnya The Licking Woman. Alasan saya menyukai cerita ini tak lain karena ceritanya mengerikan dan menjijikan sebenarnya. Tapi, entah kenapa ya saya justru suka. Berikut cuplikannya.


Nah, gimana, Guys? Tertarik buat baca komik karya bang Junji Ito, ngga? Pokoknya komik-komik karyanya beliau rekomen banget deh buat temen-temen yang suka komik horor.  I swear!



Komentar

Postingan Populer